Inilah Posisi Tidur Yang Sangat Dibenci Allah



Sering kita mendengar orang tua dulu melarang kita untuk jangan tidur tengkurap, katanya tidak baik. Larangan tersebut ternyata ada benarnya juga, karena dalam Islam pun melarang tidur seperti itu bahkan tidur semacam itu sangat dimurkai Allah. Sebagaimana ada riwayat yang menyatakan hal demikian.

Inilah Posisi Tidur Yang Sangat Dibenci Allah

Dari Thakhfah Al-Ghifari r.a, salah seorang di antara ash-habush shuffah (para sahabat yang tinggal di Masjid Nabawi) berkata: "Aku tidur di masjid pada akhir malam, kemudian ada orang yang mendatangiku sedangkan aku tidur dengan posisi tengkurap. dan berkata: "Bangunlah dari tengkurapmu, karena tidur yang demikian adalah tidurnya orang-orang yng dimurkai Allah." Kemudian aku angkat kepalaku, maka ketika kulihat ia adalah Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam, maka akupun kemudian bangkit."( HR. Al-Bukhari, dalam Al-Adab Al-Mufrad no. 1187, Ibnu Majah, no. 3723, Ahmad, no. 7981, At-Tirmidzi, no. 2768)

Dalam riwayat Ibnu Majah dengan lafazh: "Ada apa denganmu sehingga tidur dengan posisi seperti ini (tengkurap), tidur seperti ini adalah tidurnya orang yang dibenci atau dimurkai Allah Subhanahu wa Ta'ala"

Bahkan Rasulullah SAW katakan, tidur semacam ini adalah tidurnya penghuni neraka. Sebagaimana diterangkan dalam hadits dari Abu Dzar radhiallahu 'anhu, ia berkata:

"Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam lewat di sisiku sementara aku sedang tidur tengkurap, beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam dan bersabda: 'Wahai Junaidab, sesungguhnya hanyalah tidur seperti ini adalah tidurnya penghuni neraka'." (HR. Ibnu Majah, no. 3724)

Ilmu kedokteran modern membuktikan bahwa memang tidur tengkurap berbahaya, apalagi tidurnya pulas dan lama karena saat tidur tengkurap otomatis otot dada/otot pernafasan kita tidak dapat mengembangkan dada dengan baik dan maksimal, sehingga  aliran oksigen menjadi lebih sedikit dan bisa berakibat menjadi sesak nafas.

Back To Top