Kenapa Hari Jumat Disunnahkan Membaca Surah Al Kahfi?



UmmatMuslim - Muncul pertanyaan, kenapa hari jumat disunnahkan membaca Al Kahfi? Karena dalam beberapa riwayat hadist shahih bahwa membaca surah Al Kahfi di hari Jumat memiliki keutamaan diantaranya adalah hadist berikut ini.


"Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum'at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum'at." (HR. An Nasa'i dan Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami' no. 6470)

Dengan membaca surah Al Kahfi pada hari Jumat, kita akan terhindar dari fitnah Dajjal.

"Barang siapa membaca Surah Al Kahfi pada hari Jum'at, maka Dajjal tidak bisa memudharatkannya," (HR-Dailami).

Dalam riwayat lain pula kita disunnahkan membaca Al Kahfi pada malam Jumat dengan keutamaannya hampir sama dengan saat kita membacanya di hari Jumat, seperti dalam hadist berikut ini:

"Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jum'at, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka’bah." (HR. Ad Darimi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami' no. 6471)

Sungguh amat besar keutamaan yang Allah Subhahana wa ta'ala berikan bila seseorang membaca surah Al Kahfi di malam dan di hari Jumat.

Semoga Allah Subhahana wa ta'ala memberikan hidayah dan ilmu serta beramal sesuai tuntunan dari Nabi kita Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam. Wallahu a'lam

Baca juga: Berapa Ayat Surat Al Kahfi yang Dibaca pada Hari Jumat?

Back To Top