Apakah Membaca Surah Al Kahfi Dihari Jumat Harus Sampai Selesai?



UmmatMuslim - Apakah membaca surah Al Kahfi harus selesai, atau bolehkah membacanya di jeda? Pertanyaan ini pernah diterangkan dan telah dijawab oleh Ustadz Abu Muhammad Fauzan, berikut ini:


Para ulama menyebutkan bahwa membaca surah Al-Kahfi pada hari atau malam jum'at adalah sunnah (bukan wajib), sehingga seorang yang tidak membacanya atau membaca sebagiannya tidaklah mendapatkan dosa dengannya, bahkan seorang yang membacanya (tidak selesai) tetap akan mendapatkan keutamaan umum bagi seorang yang membaca Al Quran.

Adapun tentang waktu membaca surah al kahfi pada hari jum'at, maka terdapat riwayat tentang membacanya di hari jum’at dan juga dimalam jum’at.

Dari Abu Said Al Khudry radhiyallahu 'anhu berkata:

"Barangsiapa yang membaca surah Al Kahfi dimalam jum'at, maka ia akan diterangi dengan cahaya antara dia dan antara baitul 'atiq (mekkah)". [HR. Ad Darimi (3407) dan dishahihkan oleh syeikh Al Albani dlm Shahihul Jami' (6471)]

Dan juga disebutkan dalam sebuah hadits:

"Barangsiapa yang membaca surah Al Kahfi pada hari jum'at maka ia akan diterangi dengan cahaya antara dua jum'at". [HR. Al Hakim (2/399), Al Baihaqi (3/249) dan dishahihkan oleh syeikh Al Albani dalam Shahihul Jami' (6470)]

Dengan adanya hadits-hadits yang semisal ini maka menunjukkan waktu membaca surah Al Kahfi tersebut bisa dilakukan dimalam Jum'at atau dihari Jum'at, serta boleh juga seseorang membaca dimalam jum'at dan menyelesaikannya di hari jum'at berdasarkan keterangan yang bisa diambil dari hadits tersebut. Wallohu a’lam.
Mencicil bacaan surat al kahfi atau membaca setengah lalu besok setengahnya itu tidak menjadi masalah dan dibolehkan. Wallohu a'lam.

Baca juga: Kenapa Hari Jumat Disunnahkan Membaca Surah Al Kahfi?

Back To Top