Rasulullah Tidak Pernah Menggunakan Meja Saat Makan



UmmatMuslim.com - Semasa hidup Baginda Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau tidak pernah menggunakan meja ketika makan, cuma hanya menggunakan "sufrah" yakni alas yang biasa dipakai untuk mengalas makanan.


Menceritakan kepada kami Muhammad bin Yahya, menceritakan kepada kami Bundar, menceritakan kepada kami Mu'adz bin Hisyam, menceritakan kepada saya Bapak dari Yunus dari Qatadah dari Anas bin Malik yang berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tidak pernah makan di meja makan ataupun dari mangkuk kecil, beliau juga tidak pernah dibuatkan roti yang lembut". Yunus bertanya kepada Qatadah, "lantas dimana beliau makan?". Qatadah menjawab, "Diatas alas makan dari kulit".

Hadits diatas dikeluarkan juga oleh Bukhari yakni, dari Anas Radhiyallahu anhu, dia berkata:

مَا أَكَلَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى خِوَانٍ وَلاَ فِيْ سُكُرُّجَةٍ.

"Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam tidak pernah makan di atas meja makan dan tidak pula di atas sukurrujah ." [HR. Al-Bukhari no. 5415]

Diriwayatkan dari Anas bin Malik berkata: "Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam tidak pernah makan di atas 'khiwan' hingga meninggal. Dan beliau juga tidak pernah makan roti empuk hingga meninggal." (HR. Al-Bukhari)

"Khiwan" adalah sejenis meja yang dihidangkan makanan diatasnya pada waktu akan makan.

Rasulullah lakukan hal tersebut sebagai bentuk sikap tawadhu dihadapan Allah ta'ala.

Wallahu a'lam

Baca Juga: 


Back To Top