Begini Cara Duduk Rasulullah Ketika Sedang Makan



UmmatMuslim.com - Bagaimanakah cara duduk Rasulullah ketika sedang makan? Rasulullah telah memberikan contoh mengenai hal tersebut. Terdapat beberapa riwayat cara duduk Rasulullah ketika makan, diantaranya adalah sebagai berikut...


Dalam Zaadul Maad, 4/221, Ibnul Qayyim mengatakan, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam makan sambil duduk dengan meletakkan pantat di atas lantai dan menegakkan dua betis kaki. Dan diriwayatkan pula, bahwa Nabi makan sambil berlutut dan bagian dalam telapak kaki kiri diletakkan di atas punggung telapak kaki kanan. Hal ini beliau lakukan sebagai bentuk tawadhu' kepada Allah ta'ala.

Cara duduk pertama yang diriwayatkan dari Anas bin Malik, beliau mengatakan, "Aku melihat Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam memakan kurma sambil duduk dengan meletakkan pantat di atas lantai dan menegakkan dua betis kaki." (HR Muslim)

Dan cara duduk kedua, diriwayatkan dari Abdullah bin Busrin, "Aku memberi hadiah daging kambing kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, lalu beliau memakannya sambil duduk berlutut. Ada seorang Arab Badui mengatakan, "Mengapa engkau duduk dengan gaya seperti itu? Lalu Nabi bersabda, "Sesungguhnya Allah menjadikanku seorang hamba yang mulia dan tidak menjadikanku orang yang sombong dan suka menentang." (HR Ibnu Majah, sanad hadits ini dinilai hasan oleh Ibnu Hajar dalam Fathul Baari, 9/452).

Sementara Ibnu Hajar pernah mengatakan, "Posisi duduk yang dianjurkan ketika makan adalah dengan menekuk kedua lutut dan menduduki bagian dalam telapak kaki atau dengan menegakkan kaki kanan dan menduduki kaki kiri." (Fathul Baari, 9/452)

Tentang duduk dengan menegakkan kaki kanan dan menduduki kaki kiri terdapat sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hasan bin al-Muqri dalam kitab Syama'il. Dalam riwayat itu dinyatakan, bahwa duduk Nabi menekuk lututnya yang kiri dan menegakkan kaki kanan. Tetapi sanad hadits ini didha'ifkan oleh al-'Iraqi dalam takhrij Ihya' Ulumuddin, 2/6.

Wallahua'lam...

Baca Juga:


Back To Top