Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu yang Benar Sesuai Sunnah



UmmatMuslim - Ketika seorang muslim hendak melaksanakan ibadah sholat, maka dia harus mengambil wudhu sebagai salah satu sahnya sholat. Ada beberapa yang harus diperhatikan sebelum melakukan wudhu yakni berdoa.


Doa yang diajarkan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam sebelum dan sesudah wudhu adalah sebagai berikut.

Sebelum wudhu kita membaca bismillah...

بِسْمِ اللَّهِ

"Dengan nama Allah (aku berwudhu)." (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah dan Ahmad)

Adapun bacaan doa sesudah wudhu adalah sebagai berikut:

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُ اللهِ وَرَسُولُهُ

"Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan Allah." (HR. Muslim)

Kemudian ada tambahan doa...

اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِينَ، وَاجْعَلْنِي مِنَ المُتَطَهِّرِينَ

"Ya Allah jadikanlah aku termasuk hamba-hambaMu yang rajin bertaubat dan menyucikan diri" (HR. Tirmidzi)

Doa lain sesudah wudhu yang diajarkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dalam riwayat An-Nasai adalah sebagai berikut:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِك أشهد أَن لَا إِلَه إِلَّا أَنْت استغفرك وَأَتُوب إِلَيْك

"Maha suci Engkau ya Allah, segala puji untuk-Mu, tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau, aku memohon ampun dan bertaubat kepada-Mu." (HR. An-Nasai)

Nah, itulah tadi doa yang diajarkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam ketika hendak berwudhu dan sesudah berwudhu, semoga kita semua dapat amalkan. Wallahu a'lam.

Back To Top