Hukum Mencukur Alis dalam Islam



UmmatMuslim.com - Mungkin kita sering melihat khususnya dalam kalangan kaum wanita mencukur habis alisnya. Biasanya tradisi mencukur alis sering kita dapati pada acara pernikahan, dimana seorang wanita harus di make up sedemikian cantik dengan mencukur alisnya lalu dihias menggunakan pensil make-up.


Lalu, bagaimana pandangan Islam mengenai hal tersebut? Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

لَعَنَ النَّبِيُّ صلّى الله عليه وسلّم النَّامِصَةَ وَالمُتَنَمِّصَةَ

"Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat wanita yang menghilangkan bulu alis dan yang meminta dihilangkan bulu alisnya." (HR. Abu Dawud, dan terdapat hadits pendukung yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari & Muslim)

Dalam hadist diatas sangat jelas bahwa perbuatan mencukur alis sangat diharamkan dalam Islam. Karena perbuatan itu termasuk dalam mengubah ciptaan Allah.

Sebagaimana hadist dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan,

لَعَنَ اللَّهُ الوَاشِمَاتِ وَالمُوتَشِمَاتِ، وَالمُتَنَمِّصَاتِ وَالمُتَفَلِّجَاتِ، لِلْحُسْنِ المُغَيِّرَاتِ خَلْقَ اللَّهِ

"Allah melaknat tukang tato, orang yang ditato, al-mutanamishah, dan orang yang merenggangkan gigi, untuk kecantikan, yang mengubah ciptaan Allah." (HR. Bukhari 4886, Muslim 2125, dan lainnya).

Makna Al-Mutanamishah

Al-Mutanamishah adalah para wanita yang minta dicukur bulu di wajahnya. Sedangkan wanita yang menjadi tukang cukurnya namanya An-Namishah. (Syarh Muslim An-Nawawi, 14/106).

An-Nawawi juga menegaskan, bahwa larangan dalam hadis ini tertuju untuk bulu alis,

وأن النهي إنما هو في الحواجب وما في أطراف الوجه

"Larangan tersebut adalah untuk alis dan ujung-ujung wajah.." (Sharh Shahih Muslim, 14/106).

Tidak hanya wanita, pelarangan mencukur alis juga berlaku bagi pria. Wallahu a'lam.

Back To Top