Bagaimana Pandangan Islam Tentang Jilbab Gaul



Jilbab adalah salah satu kewajiban yang berikan Allah SWT kepada umat muslim wanita untuk menjaga dirinya dari gangguan-gangguan yang dapat mengganggu saat keluar dari rumah. Namun pada zaman sekarang ini wanita yang berpatokan kepada barat ingin selalu tampil gaul, trendy dan sebagainya. Agar tidak ketinggalan zaman tetapi juga mau memperlihatkan sisi Islaminya maka jadilah trend jilbab gaul.


Sebenanarnya wanita telah diciptakan cantik dan selalu menawan dimata laki-laki sampai-sampai telah kita ketahui bersama cobaan terberat dari seorang laki-laki didunia ini adalah wanita dan tahukah bahwa setan akan menghias wanita bila keluar dari rumahnya untuk digoda para lelaki sebagaimana hadist berikut:

Nabi kita shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Wanita itu adalah aurat. Bila ia keluar, setan akan menghiasinya (untuk menggoda laki-laki)" (HR. At-Tirmidzi no. 1173, dishahihan oleh Al-Albani mengatakan dalam Misykatul Mashabih no. 3109)

Tetapi dizaman yang sekarang ini jika wanita ingin keluar rumah mereka sendiri yang menghias sendiri dirinya untuk terlihat cantik, menarik, menggoda, dll dimata lelaki sehingga setanpun tugasnya berkurang, Astagfirullah.

Jadi jangan heran dizaman sekarang ini banyak terjadi pelecehan seksual, pemerkosaan, keributan yang terjadi dikarenakan perempuan. Untuk itu wahai wanita muslimah Allah SWT dan Rasul-Nya menyuruhmu berjilbab bukan untuk membatasimu melakukan aktifitasmu tetapi dia terlalu sayang kepadamu, Dia ingin menjaga kehormatanmu, Dia ingin menjaga dirimu dari laki-laki yang tidak bertanggung jawab karena kalian adalah ratu-ratu dalam agama yang sempurna ini dan masa depan umat tergantung pada kalian karena pendidikan pertama dari anak-anak para penerus umat ini ada ditangan kalian.

Hal ini dapat dilihat dari Firman Allah SWT sebagai berikut:

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

"Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS. Al Ahzab: 59).

"Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat".  Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak- budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung." (QS. An Nur: 30-31).

Wallahua'lam
[Mustafa/UmmatMuslim.com]

Back To Top