Keutamaan Menjenguk Orang Sakit



UmmatMuslim.com - Setiap orang didunia ini pasti pernah merasakan sakit, baik itu sakitnya hanya sekedar flu biasa atau bahkan sakit yang berat sampai harus mendapatkan perawatan medis yang serius. menjenguk orang sakit merupakan salah satu perintah dalam agama islam yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW salah satunya dapat dilihat dari hadits berikut:



Rasulullah SAW bersabda, "Hak seorang Muslim atas Muslim lainnya ada enam: (1) Jika engkau bertemu dengannya, maka ucapkan salam, dan (2) jika dia mengundangmu maka datangilah, (3) jika dia minta nasihat kepadamu berilah nasihat, (4) jika dia bersin dan mengucapkan hamdalah maka balaslah (dengan doa: Yarhamukallah), (5) jika dia sakit maka kunjungilah (jenguklah), dan (6) jika dia meninggal maka antarkanlah (jenazahnya ke kuburan).” (HR. Muslim).

tentu menjenguk orang sakit dapat memperbaiki hubungan kita sesama manusia dan memperbaiki hubungan silaturahim sesama keluarga. tapi tahukah anda apa yang dijanjikan Allah SWT melalui Rasulnya Muhammad SAW terhadap orang yang sering menjenguk orang yang sakit???

Dari Tsauban RA, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa menjenguk orang sakit  maka ia berada dalam taman surga sampai ia pulang." (HR. Muslim no.2568)

Dari Abu Hurairah RA ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa mejenguk orang sakit atau mengunjungi saudaranya karena Allah, maka ada seseorang yang berkata kepadanya,' Baiklah perjalananmu dan engkau telah mempersiapkan tempat tinggal di surga.'"(HR. at-Tirmidzi no. 2008)

Dari Ali bin Abi Thalib RA, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa datang menjenguk saudaranya yang muslim maka seakan-akan ia berjalan di taman-taman durga sampai ia duduk. Dan ketika ia duduk maka ia akan dinaungi rahmat,  dan jika menjenguknya diwaktu pagi 70.000 malaik bersalawat kepadanya sampai waktu sore. Jika menjenguknya pada waktu sore maka 70.000 malaikat bersalawat kepadanya sampai waktu subuh." (HR. Abu Dawud no.3098 dan Ibnu Majah no. 1442)

itulah Janji Allah SWT melalui Rasulullah SAW kepada ummatnya yang sering menjenguk orang sakit. semoga kita diberi kemudahan untuk mengamalkannya. amin

Wallahu a'lam

sumber:
Syaikh Muhammad bin Ibrahim bin Abdullah At-Tuwaijiri, "Ensiklopedi Islam Al-Kamil", Darus Sunnah Press, Jakarta Timur, 2011.



Back To Top