Sabda Nabi, Pakaian Terbaik Itu adalah yang Berwarna Putih



UmmatMuslim.com - Nabi telah memberikan contoh yang terbaik dalam segala hal, seperti dalam hal berpakaian, Rasulullah begitu menyukai pakaian yang berwarna putih.


Itu dikarenakan bahwa pakaian tersebut terlihat lebih baik dan lebih bersih. Apalagi jika seseorang mengenakan pakaian tersebut akan terlihat indah dan bercahaya.

Berikut ini beberapa dalil anjuran untuk mengenakan pakaian putih,

الْبَسُوا مِنْ ثِيَابِكُمُ الْبَيَاضَ فَإِنَّهَا خَيْرُ ثِيَابِكُمْ وَكَفِّنُوا فِيهَا مَوْتَاكُمْ

"Pakailah pakaian putih karena pakaian seperti itu adalah sebaik-baik pakaian kalian dan kafanilah mayit dengan kain putih pula" (HR. Abu Daud no. 4061, Ibnu Majah no. 3566 dan An Nasai no. 5325. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Dalam lafazh An Nasai disebutkan pula,

الْبَسُوا مِنْ ثِيَابِكُمْ الْبَيَاضَ فَإِنَّهَا أَطْهَرُ وَأَطْيَبُ وَكَفِّنُوا فِيهَا مَوْتَاكُمْ

"Pakailah pakaian putih karena pakaian seperti itu lebih bersih dan lebih baik. Dan kafanilah pula mayit dengan kain putih." (HR. An Nasai no. 5324, hadits shahih).

Begitu pula Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam memberi teladan memakai pakaian putih. Dalam hadits Abu Dzar radhiyallahu 'anhu disebutkan,

أَتَيْتُ النَّبِىَّ – صلى الله عليه وسلم – وَعَلَيْهِ ثَوْبٌ أَبْيَضُ

"Aku pernah mendatangi Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dalam keadaan memakai pakaian putih" (HR. Bukhari no. 5827).

Dalam riwayat Muslim disebutkan, Abu Dzar berkata,

أَتَيْتُ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- وَهُوَ نَائِمٌ عَلَيْهِ ثَوْبٌ أَبْيَضُ

"Aku pernah mendatangi Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dan beliau dalam keadaan tidur dan ketika itu mengenakan baju putih." (HR. Muslim no. 94).

Bukan berarti pakaian dengan warna lain tidak dibolehkan, karena pada dasarnya pakaian tersebut hukumnya tidak wajib tapi melainkan sunnah, sebagaimana dijelaskan oleh Syaikh Muhammad bin Sholih Al 'Utsaimin dalam Syarh Bulughil Marom.

Wallahu a'lam

Back To Top